Friday, December 7, 2012

Kamus Istilah Politik beserta artinya

Akselerasi. Menurut asal katanya adalah perubahan kecepatan per unit waktu. Istilah dan pengertian ini pertama kali dikembangkan oleh Ahli Fisika Italia Galileo. Istilah dan pengertian yang sama kemudian diambil oleh ilmu-ilmu sosial, terutama politik, untuk menunjuk kepada kecepatan-kecepatan di dalam pembangunan nasional, misalnya akselerasi pembangunan 25 tahun yang dicanangkan oleh Pemerintahan Indonesia dengan pembangunan bertahap secara lima tahun.

Akulturasi. Suatu proses sosial yang terjadi apabila suatu kelompok manusia-manusia dengan suatu kebudayaan yang tertentu dihadapkan pada unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing yang berbeda sedemikian rupa sehingga unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri.

Alamein atau El Alamein. Merupakan nama kota di mesir utara di pinggir pantai laut tengah. Di kota inilah tentara Inggris di bawah Komando Jenderal Montgomery dapat mengalahkan tentara Jerman yang dipimpin oleh Jenral Rommel pada tanggal 1-2 November 1942.

Albion. Sebutan lain untuk Inggris.

Alcatraz. Suatu pulau di teluk San Francisco California yang terkenal sebagai tempat tahanan dengan tingkat keamanan yang paling tinggi, sehingga mustahil tahanan-tahanan akan bisa melarikan diri tanpa cedera atau tidak tertangkap kembali. Ditemukan pertama kali oleh Spanyol pada tahun 1769 dan pada tahun 1868. Amerika Serikat mendirikan tahanan militer di pulau tersebut untuk kemudian dipisahkan dari tangan militer pada tahun 1933. Tahanan yang berdiri di atas tanah seluas 12 acres tersebut ditutup pada tahun 1963.

No comments:

Post a Comment

DMCA Protection