Tuesday, April 17, 2012

Peradaban pada masa Rasulullah Muhammad SAW

Sobat blogger, seperti janji saya yang kemarin, tepatnya di artikel mengenai sejarah permulaan islam di dunia saya akan melanjutkannya dengan peradaban yang terbangun di kalangan masyarakat islam. Tentunya, artikel ini juga akan dimulai dengan peradaban pada masa rasullullah Muhammad SAW. Peradaban atau kebudayaan pada masa Rasullullah SAW terlihat secara jelas dan gamblang terjadi perubahan pola pikir masyarakat. sudah pasti memang, sewaktu kita kanak-kanak kita sering mendengar kata jahiliyah, bodoh, dan lain sebagainya yang merupakan sebuah bentuk penjelasan secara naratif yang diberikan kepada masyarakat arab sebelum datangnya Islam.

Sejak turunnya wahyu pertama yang menyuruh seluruh umat manusia untuk mengenal, memeluk dan memahami islam dengan metode membaca kehidupan masyarakat arab pada saat itu sudah mulai berkembang. Zaman yang dimana baik kaum wanita maupun pria hampir sama rendahnya dengan hewan sudah berevolusi secara sosial menjadi makhluk yang lebih beradab.

Perubahan sosial yang mendasar dari masa ke masa adalah hilangnya kebobrokan masyarakat arab secara moral digantikan dengan sebuah moralitas yang beradab, dan ini terjadi saat Rasullullah SAW mulai mensyiarkan ajaran islam. Pada buku yang saya baca, karangan Dedi Supriyadi M.Ag yang berjudul Sejarah Peradaban Islam menuliskan tentang peradaban islam pada masa Rasullullah SAW. Beliau mencantumkan karya Ahmad Al-Husairy yang berisikan tentang peradaban pada masa Nabi dilandasi asas-asas yang diciptakan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW, tentunya itu semua dibawah bimbingan Allah SWT yang diberikanNya melalui wahyu-wahyu. Antara lain sebagai berikut:

Pembangunan Masjid Nabawi. Riwayat mengatakan, ketika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah, di perjalanan, unta yang ditunggangkan Rasullulah berhenti di suatu tempat dan pada saat itu juga Rasullullah memerintahkan agar di tempat tersebut dibangun sebuah Masjid. Rasullulah ikut serta dalam pembangunan masjid tersebut. Ini membuktikan adanya sebuah kerja sama sosial antara umat manusia dalam rangka membangun masjid. Masjid tersebut digunakan oleh kaum muslimin sebagai tempat beraktivitas selain beribadah seperti belajar, memutuskan perkara mereka, berjual beli maupun perayaan besar. Kerja sama ini mengkerucut menjadi sebuah silaturahmi yang mempersatukan umat muslimin.

Persaudaraan antara Kaum Muhajirin dan Anshar. Rasulullah SAW juga mempersaudarakan semua umat muslimin yang berasal dari kaum manapun, setelah mempersatukan umat maka perlu dilakukan sebuah penguatan ikatan sehingga persatuan tidak dapat digoyahkan oleh siapapun. Terjadi sebuah sifat saling berbagi, suka duka ditanggung sendiri, orang yang membutuhkan dibantu, inilah yang terjadi. Sehingga persaudaraan umat muslimin lebih kuat daripada hanya persaudaraan yang berdasarkan keturunan.

Kesepakatan untuk Saling Membantu antara Kaum Muslimin dan Non-Muslimin. Di Madinah, ada tiga umat manusia pada saat itu, yaitu kaum muslimin, orang-orang Arab, serta kaum non-muslimin, dan orang-orang Yahudi (Bani Nadhir, Bani Quraizhah, dan Bani Qainuqa). Rasulullah membuat sebuah kesepakatan yang dikenal dengan piagam madinah mengenai terjaminnya keamanan dan kedamaian diantara umat beragama. Piagam ini merupakan tonggak awal terbentuknya sebuah toleransi antar umat beragama dalam suatu wilayah untuk tidak terprovokasi.

Peletakan Asas-Asas Politik, Ekonomi dan Sosial. Di Madinah, Rasulullah SAW memulai dakwah mengenai ajaran Islam yang didapat dari wahyu-wahyu Allah yang berisikan seluruh aturan dan pedoman hidup manusia. Pada dakwah-dakwah ini lah umat manusia tidak hanya kaum muslimin diajarkan mengenai konsep dasar hidup. Ilmu pengetahuan seperti teknologi, ilmu-ilmu sosial, ekonomi, politik, serta budaya diajarkan, agar manusia dapat hidup berdampingan secara damai tanpa takut ada terjadi suatu masalah.

Jika terjadi suatu masalah, maka setiap orang memiliki peran yang digunakan untuk melakukan musyawarah, langkah apa yang sebaiknya dapat diambil.

12 comments:

  1. love your blog wanna visit mine too

    http://thepc-appzz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. wow..nice blog
    http://digitalphoto-technique.blogspot.com/2012/02/lens-controls.html

    ReplyDelete
  3. peradaban yang dipimpin Rasulullah SAW memang merupakan peradaban yang paling maju dan damai,,, semua muslim pasti merindukan masa-masa kejayaan Islam seperti zaman Rasulullah SAW,,
    Nice post sobat d^^

    ReplyDelete
  4. Merindukan masa-masa kejayaan Islam Jaman Rosululloh di masa sekarang Sob.. :)

    ReplyDelete
  5. sunguh luar biasa sosok seorang rosullulah ini

    ReplyDelete
  6. nice share...,,
    keep posting,,, :)

    ReplyDelete
  7. Benar gan, kita selalu memimpikan sosok pemimpin yang seperti itu

    ReplyDelete
  8. Rosululloh telah mengajarkan banyak hal. Azas demokrasi, persatuan antar umat beragama dsb, sudah tergambar dari ulasan artikel diatas. Tulisannya cukup memberi wawasan khususnya bagi umat muslim. Terima kasih sudah share :)

    ReplyDelete
  9. Rasulullah juga telah mengajarkan kita bagaimana cara saling menghargai satu sama lain, beliau mengajarkan Islam merupakan rahmatan lil `alamin. Terima kasih atas semua komen teman-teman semua

    ReplyDelete
  10. Rindu Muhammad Nabiqu....
    Salam Kenal sobat....

    ReplyDelete

DMCA Protection