Thursday, October 31, 2013

Beberapa istilah tentang buruh dan sosial masyarakat

Bourgeoisie. Golongan kaum menengah yang berdiri di antara kaum miskin dengan kaum bangsawan atau kaum kapitalis. Di negara-negara kapitalis kedudukan kaum borjuis ini sangat penting artinya dan mempunyai pengaruh serta kekuasaan yang cukup penting, oleh karena itu menurut paham komunis golongan ini dipandang amat berbahaya, oleh karena akan menindas kaum proletar, untuk itu mereka harus dihapuskan dan tidak boleh bergerak lagi.

Pemberontakan Boxer. Merupakan satu pemberontakan yang terjadi di Tiongkok pada tahun 1900 di mana satu perkumpulan yang menamakan diri mereka "Boxer" mengusir dan membunuh orang asing yang ada di Tiongkok.

Badan Perjuangan Buruh. Merupakan lembaga perjuangan untuk serikat buruh yang didirikan di Indonesia, tepatnya di Kota Makasar pada pertengahan tahun 1949 semasa kota Makasar masih menjadi bagian dari Kawasan Negara Indonesia Timur. Beranggotakan delapa serikat sekerja setempat dan bertujuan untuk meningkatkan hubungan kerjasama dan persatuan di antara serikat-serikat pekerja yang ada di seluruh provinsi di Indonesia.

Badan Permusyawaratan Organisasi Buruh Cirebon. Didirikan pada tahun 1950 oleh dua belas serikat buruh perusahaan dan tiga belas serikat buruh pegawai pemerintahan. Tujuannya adalah untuk mengadakan permusyawaratan antara organisasi-organisasi buruh di Cirebon mengenai soal-soal yang berhubungan dengan perbaikan nasib buruh dan usaha-usaha lain untuk meningkatkan kemajuan seriakt buruh pada umumnya.

Bretton Woods Conference. Yaitu sebuah konferensi masalah keuangan Perserikatan bangsa-bangsa yang diadakan di daerah New Hampshire yang bernama Bretton Woods pada bulan Juli 1944. Konferensi ini menghasilkan berdirinya IMF dan IBRD yang masing-masing memiliki kepanjangan berupan International Monetary Fund dan International Bank for Reconstruction and Development.

DMCA Protection