Thursday, May 2, 2013

Pengertian behavioral approach, beleid, bellum omnium contra omnes, benevolent despots, bengkok


Behavioral Approach, salah satu pendekatan dalam ilmu politik yang memandang tingkah-laku politik lebih menjadi fokus utama daripada lembaga-lembaga politik atau kekuasaan ataupun keyakinan politik. Pendekatan tingkah laku ini muncul dalam masa sesudah perang dunia II, khususnya dalam dekade lima puluhan sebagai gerakan pembaharuan yang ingin meningkatkan mutu ilmu politik.

Beleid, adalah suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau oleh sekelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Pada umumnya, pihak yang membuat kebijaksanaan (beleid) tersebut sekaligus mempunyai kekuasaan untuk melaksanakannya.

Bellum Omnium Contra Omnes, teori Thomas Hobbes untuk menggambarkan pahamnya tentang keadaan alamiah atau keadaan sebelum ada negara. Dalam keadaan ini manusia saling bermusuhan, berada terus menerus dalam keadaan perang yang satu melawan yang lain, perang antara semua melawan semua (belum omnium contra omnes). Perang yang dimaksudkan di sini bukan diartikan perang yang terorganisir, akan tetapi hanyalah keadaan yang saling bermusuhan secara terus menerus antara individu yang satu dengan individu yang lainnya.

Benevolent Despots, sebutan bagi raja-raja yang memerintah secara baik, kendatipun menggunakan sistem kerajaan mutlak.

Bengkok, sebidang sawah atau tegal milik desa yang disediakan bagi pamong desa sebagai imbalan pengabdiannya kepada desa.

No comments:

Post a Comment

DMCA Protection