Tuesday, February 5, 2013

Pengertian dari Awig-Awig, Axis Power, Ayuthia, Babisme dan Babander

Awig Awig, ialah anggaran rumah tangga desa yang memuat tentang hak-hak desa, susunan pemerintahan desa serta struktur organisasi desa. Awig-awig ini khusus berlaku di desa-desa di Bali.

Axis Powers. Salah satu bentuk koalisi Negara dalam Perang Dunia II. Dimulai dengan pakta Italia dan Jerman yang ditandatangani pada tanggal 25 Oktober 1936 dan terkenal dengan sebutan Rome-Berlin Axis. Koalisi ini kemudian mengembang kepada Negara-negara yang menandatangani pakta Anti Komintern, yaitu Jerman, Jepang, Italia, Spanyol, Hungaria, Bulgaria, Denmark, Finlandia, Rumania dan Pemerintahan Slovakia, Croatia, Manchukuo dan rezim nanking. Axis ini berakhir pada masa Perang Dunia kedua.

Ayuthia. Sebuah kota di muangthai selatan yang terletak di tepi sungai menam. Antara tahun 1350-1767 Ayuthia menjadi ibukota siam.

Babisme. Merupakan suatu aliran agama yang berkembang di Iran pada abad kesembilanbelas. Dipelopori oleh Mirza Ali Mohammad pada tahun 1843 yang mengangkat dirinya sebagai Bab ed-Din, yang bisa diartikan sebagai pintu gerbang iman. Bab ed-Din, bahkan menyatakan dirinya sebagai pengganti Nabi Musa AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW. Bab ed-Din memimpin pemberontakan yang bisa ditindas pada tahun 1848 untuk akhirnya dihukum mati pada tahun 1850. Perjuangan babisme kemudian dilanjutkan oleh para pengikut bahaisme.

Babander. Merupakan tempat persembunyian raja Majapahit Jayanegara ketika istananya diserang dan diduduki oleh Kuti pada tahun 1319.

No comments:

Post a Comment

DMCA Protection