Tuesday, November 12, 2013

Tips efektif dalam membeli sebuah laptop/ notebook

Pada pembahasan ini kita akan membahas mengenai hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum membeli laptop atau notebook dengan tujuan ketika anda telah membelinya, anda tidak menyesal dalam pemakaiannya. Hal-hal seperti ini membuat banyak calon pembeli geram dan bahkan kesal setelah membeli laptop atau notebook yang telah di beli. Itu dikarenakan karena tidak sesuai dengan keinginan si pembeli. Alhasil, ketika memiliki uang yang cukup, digunakan untuk membeli laptop atau notebook yang baru atau hanya pasrah dan berdiam diri. Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit tips dalam hal pembelian laptop atau notebook. Tips ini juga dapat berlaku ketika anda ingin merakit PC Komputer agar maksimal. Berikut hasil diskusi saya dengan teman saya dalam membeli sebuah laptop.

Tujuan membeli laptop. Kebanyakan orang berpikir bahwa, tips pertama dalam membeli laptop atau notebook adalah budget. Kalau, saya berpikir jangan pikirkan terlebih dahulu mengenai budget. Mengapa demikian? karena hal tersebut akan membatasi keperluan anda dalam membeli laptop atau notebook. Tentunya anda memiliki tujuan dalam membeli sebuah barang elektronik begitu juga halnya dalam membeli sebuah notebook. Tentukan terlebih dahulu apa tujuan anda untuk membeli laptop, apakah untuk gaming? Untuk design multimedia (seperti CAD)? Untuk keperluan kantor saja? Untuk keperluan pendidikan? Atau kesemuanya?

Processor unit laptop atau notebook. Setelah anda menentukan apa tujuan dari membeli laptop itu. Kemudian anda dapat menentukan jenis prosesor yang nantinya akan anda pilih untuk tujuan pembelian laptop atau notebook anda. Untuk prosesor umumnya hanya ada 2 pilihan yaitu Intel processor dan AMD Processor. Dari keduanya memiliki jenis atau tipe-tipe tertentu seperti untuk Intel terkenal dengan Intel Processor i3; i5; i7 begitu halnya dengan AMD yang dengan tipe A4; A6; A8 dan A10. Pada saat memilihnya pastikan anda telah melihat benchmark dari masing-masing CPU. Umumnya untuk ukuran laptop yang sesuai dengan CAD dan gaming system usahakan cpu benchmarknya berada di atas level 3000. Itupun dengan catatan untuk 4-8 tahun kedepan dan kecepatan processor minimal 2.0 GHz. Untuk mengeceknya anda dapat menggunakan situs cpubenchmark.net.


Jenis VGA Card. Nah, tentunya anda sudah memahami mengenai VGA Card, yang merupakan hal yang pasti dalam membeli sebuah laptop atau notebook. VGA Card salah satu penentu fungsi dari laptop atau notebook anda. VGA card pada umumnya yang dijual di pasaran adalah nVidia  dan ATI Radeon. Untuk memahami lebih lanjut silahkan kunjungi gamedebate.com yang nantinya akan memberi review mengenai masing-masing VGA Card. Umumnya untuk game VGA Card yang sering dipakai nVidia dan ATI Radeon dengan kapasitas minimal 1 GB.

Kapasitas RAM. Read Access Memory yang merupakan salah satu komponen yang harus dipikirkan. RAM dapat membantu kinerja dari prosesor yang anda miliki di laptop ataupun notebook anda. Ada yang mengatakan bahwa, masing-masing prosesor dipengaruhi oleh kapasitas RAM yang dimiliki. Prosesor AMD yang terkenal dengan prosesor gaming memberikan nilai plus terhadap kapasitas RAM yang dimiliki. Sehingga AMD sangat efektif apabila disandingkan dengan RAM yang mumpuni. Lain halnya dengan prosesor Intel yang tidak terlalu dipengaruhi oleh kapasitas RAM.

Besar Layar. Layar juga mempengaruhi nilai dari suatu laptop atau notebook. Hal tersebut dikarenakan karena adanya kepentingan seseorang dalam membeli sebuah laptop atau notebook. Untuk gaming dan CAD system maka diperlukan besar layar sebesar minimal 14 inci, walaupun itu masih belum mencukupi untuk ukuran bit.

Kapasitas Harddisk. Untuk Harddisk mungkin dapat diberikan pengecualian karena Harddisk dapat diupgrade dengan cara membeli dan menggantinya. Namun, untuk awal pembelian besarnya kapasitas hard disk juga dapat mempengaruhi kinerja laptop atau notebook.

Network Card. Network card menjadi salah satu bagian yang penting karena tidak semua jaringan wireless dapat dikoneksikan. Mengapa demikian? mungkin karena di Indonesia masih belum dilengkapi tipe jaringan wireless.

Riset jenis laptop dan notebook yang diinginkan. Setelah semuanya telah disesuaikan dengan keinginan, maka barulah anda melakukan riset untuk mencari jenis laptop dan merek apa serta penyesuaian terhadap budget yang akan dipersiapkan. Usahakan lebihkan sekitar 200 sampai 400 ribu rupiah untuk menjaga agar ketika pembelian harga yang telah diriset tidak sesuai dengan informasi yang didapat.

Sebagai contoh, berikut saya berikan spesifikasi laptop yang baru saya beli dan sesuai dengan keinginan saya. Yaitu, laptop lenovo b490 dengan spesifikasi sebagai berikut

Processor Intel Core i-3110 M 2.40 GHz
VGA Card nVidia Geforce 610 2 GB
RAM 2 GB DDR3
Harddisk 500 GB
Network Card Broadcom




DMCA Protection