Wednesday, March 6, 2013

Pengertian dan Penjelasan dari beberapa istilah ilmu politik

Banner. Istilah yang dikenal dalam per-suratkabaran yang menunjuk pada judul berita yang dicetak dengan huruf-huruf besar dan panjang yang biasanya ditempatkan di atas halaman.

Bapekan. Kependekan dari Badan Pengawas Kegiatan Aparatur Negara. Suatu lembaga negara republik Indonesia yang dibentuk untuk mengawasi kegiatan aparatur negara, baik resmi maupun tidak, guna menjamin efisiensi kerja yang maksimal. Badan ini didirikan pada bulan Agustus 1959 dengan penetapan presiden, dan dibubarkan oleh presiden sendiri pada bulan mei tahun 1962.

Bappenas atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Suatu badan yang dibentuk untuk menyusun rencana pembangunan tahunan maupun jangka panjang untuk seluruh wilayah indonesia, dan menilai serta mengawasi pelaksanaan dan penyempurnaan pola pembangunan nasional semesta berencana. Dibentuk oleh Presiden Soekarno dengan Penetapan Presiden No. 12/1963, dan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto badan ini berperan bear dalam menyusun REPELITA maupun PELITA.

Bargaining. Yaitu pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa-jasa antara dua organisasi atau lebih.

Barisan Banteng. Suatu organisasi yang didirikan oleh golongan nasionalis yang dimaksudkan untuk menandingi PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat) yang didirikan oleh Pemerintah bala tentara jepang. Barisan banteng dipimpin oleh Departemen Pemuda dari Asrama Angkatan Baru Indonesia yang berkedudukan di Menteng 31 Jakarta. Di kemutian hari, barisan banteng ini dibubarkan oleh Kenpetai (Polisi Militer Jepang).

No comments:

Post a Comment

DMCA Protection