Wednesday, April 10, 2013

Konsep Fototransistor

Bagaimana cara membuat transistor secara manual ?
Jawab :
Dalam metode pertemuan – paduan, transistor – transistor dibuat secara individual. Dua butir indium yang merupakan suatu kotoran akseptor, diletakan pada sisi – sisi berlawanan suatu kepingan tipis germanium tipe – N (setebal 50 mikrometer). Rakitan kecil ini dipanaskan sampai 500 derajat celcius, yaitu di atas titik lebur indium tetapi dibawah titik lebur germanium, untuk menciptakan dua daerah–P. Daerah–P  ini akan menjadi emitor dan kolektor dengan ruang–N tipis yang membentuk daerah basis. Kemudian kabel – kabel  disambungkan dengan disolder atau dilas, dan transistor disimpan rapat dalam kaleng.

Jelaskan proses yang terjadi pada fototransistor sambungan base – kolektor, jika disinari cahaya !
Jawab :
Pada saat basis dari suatu fototransistor disinari cahaya dengan panjang gelombang cahaya yang tepat, maka pasangan elektron lubang akan terbentuk sehingga menyebabkan terjadinya arus basis, dimana arus tersebut berhubungan langsung dengan tingkat kecerahan cahaya.

Bagaimana fototransistor dipakai dalam teknologi computer ?
Jawab :
Pada umumnya level tegangan yang digunakan untuk operasional sebuah komputer mikro seperti IBM-PC adalah TLL (Transistor-Transistor Logic) – Level, dimana TTL – Level memiliki 2 level tegangan logic, yaitu : 1. Logic HIGH = + 5 V dan 2. Logic LOW = 0 V sehingga baik sinyal data maupun sinyal sinyal kontrol lainya dalam computer mikro biasanya menggunakan TTL – Level ini sebagai tegangan Logic operasionalnya. Sebagai contoh aplikasi dari foto transistor banyak ditemukan pada peralatan – peralatan otomatis yang cara kerjanya dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang jatuh ke permukaan sensornya. Untuk selanjutnya peralatan otomatis peka cahaya tadi dapat dimanfaatkan sebagai alat sekuriti atau alat pengendali peka cahaya lainnya.

Bagaimana hubungan antara intensitas cahaya dan jarak sumber cahaya terhadap transistor dan tuliskan persamaan arus kolektornya !
Jawab :
Intensitas cahaya yang masuk pada jendela transistor sangatlah mempengaruhi arus listrik fototransistor, tetapi pengaruh tegangan yang digunakan pada rangkaian luar sangatlah kecil.
Besarnya sudut yang dibentuk transistor dan sumber cahaya adalah faktor yang penting. Diasumsikan bahwa illuminasi fotojunction adalah sebanding dengan cosinus sudut arah pancaran cahaya yang tegak lurus terhadap permukaan fotojunction, yang dapat dituliskan sebagai berikut :
Adanya lensa optik atau jendela akan lebih mempertajam kepekaan fototransistor.

No comments:

Post a Comment

DMCA Protection