Tuesday, April 30, 2013

Defenisi dari Bargaining, Barisan Benteng, Basic Institutions, Bataafse Republiek dan Batige Sloten Politiek

Bargaining. Yaitu pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa-jasa antara dua organisasi atau lebih.

Barisan Benteng. Suatu organisasi yang didirikan oleh golongan nasionalis yang dimaksudkan untuk menandingi PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat) yang didirikan oleh Pemerintahan Jepang di masa perjuangan kemerdekaan republik indonesia. Barisan benteng dipimpin oleh Departemen pemuda dari asrama angkatan baru indonesia yang berkedudukan di menteng 31 jakarta. Di kemudian hari, barisan benteng ini dibubarkan oleh kenpetai (polisi militer jepang).

Basic Institutions. Suatu lembaga kemasyarakatan yang sangat penting untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib dalam masyarakat. Keluarga, sekolah ataupun negara bisa dipandang sebagai basic institutions.

Bataafse Republiek. Gabungan antara berbagai provinsi di Belanda. Diduduki oleh perancis dalam masa perang revolusioner perancis dan oleh napoleon dihadiahkan kepada saudaranya louis yang kemudian dikenal sebagai republik pada tahun 1806.

Batige Sloten Politiek. Politik mengejar saldo untung yang diperkenalkan oleh daendels untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya dari indonesia bagi keperluan keuangan pemerintahan kolonial belanda. Berdasar pada batige sloten politiek itulan van den bosch mengenalkan sistem baru yang terkenal dengan cultuurstelsel.

No comments:

Post a Comment

DMCA Protection