Saturday, July 14, 2012

Hadits Ketiga dalam ajaran Islam

Arti Hadits:
Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Alh Khottob radiallahuanhuma dia berkata: Saya mendengar Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda: Islam dibangun di atas lima perkara; Bersaksi bahwa tiada ilah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan  Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa ramadhan. (Riwayat Turmuzi dan Muslim).
Hadits di atas menunjukkan tonggak-tonggak penyusun dari apa yang disebut dengan Islam. Ajaran Islam dibuat dengan dasar-dasar yang kuat. Tampak pada arti hadits di atas bahwa secara fundamental Islam dibangun atas lima perkara.

Kandungan Hadits:
  • Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam meng-analogikan Islam dengan bangunan yang kokoh dan tegak di atas tiang-tiang yang kuat.
  • Pernyataan tentang keesaan Allah SWT dan keberadaan-Nya, membenarkan kenabian Muhammad shallallahu`alaihi wa sallam, merupakan hal yang paling mendasar dibandingkan rukun-rukun yang lainnya.
  • Selalu menegakkan shalat dan menunaikannya secara sempurna dengan syarat rukunnya, adab-adabnya dan sunnah-sunnahnya agar dapat memberikan buahnya dalam diri seorang muslim yaitu meninggalkan perbuatan keji dan munkar karena shalat mencegah seseorang dari perbuatan keji dan munkar.
  • Wajibnya mengeluarkan zakat dari harta orang kaya yang sudah terpenuhi syarat-syarat zakat kemudian memberikannya kepada orang-orang fakir dan yang membutuhkan.
  • Wajibnya menunaikan ibadah haji dan puasa (Ramadhan) bagi setiap muslim.
  • Adanya keterkaitan rukun Islam satu sama lain. Siapa yang mengingkarinya maka dia bukan seorang muslim berdasarkan ijma`.
  • Nash di atas menunjukkan bahwa rukun Islam ada lima, dan masih banyak lagi perkara lain yang penting dalam Islam yang tidak ditunjukkan dalam hadits ini. Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda: "Iman itu memiliki tujuh puluh lebih cabang"
  • Islam adalah aqidah dan amal perbuatan. Tidak bermanfaat amal tanpa iman demikian juga tidak bermanfaat iman tanpa amal.
Hadits di atas secara umum membuat 5 perkara dalam fundamental Ajaran Islam. Kemudian secara umum Ajaran Islam lebih dikenal dengan rukun Islam, yaitu:
  1. Ber-syahadat 
  2. Menegakkan Shalat 5 Waktu
  3. Menunaikan Zakat
  4. Melaksanakan Puasa di Bulan Ramadhan
  5. Ber-Haji bagi yang mampu
Kandungan Hadits di atas dapat kita jumpai di Al-Quran, yaitu:
Wala` dan Bara` dalam syahadatain. Terdapat pada Surah Al Baqarah Ayat ke 256, Surah An Nahl Ayat ke 36.
Shalat. Terdapat pada Surah Al Baqarah Ayat ke 3, Surah Maryam Ayat ke 31, Surah Thaahaa Ayat ke 132.
Zakat. Terdapat pada Surah At Taubah Ayat ke 71, Surah Maryam Ayat ke 55, Surah Al Muzammil Ayat ke 20.
Haji. Terdapat pada Surah Ali `Imran Ayat ke 97, Surah Al Baqarah Ayat ke 196, Surah Al Hajj Ayat ke 27.
Puasa. Surah Al Baqarah Ayat ke 183 dan Ayat ke 185.

Referensi : 
Hadits Arba`in Nawawiyah karya Imam Abu Zakaria Yahya Bin Asyraf An-Nawawi
(Penerjemah Abdullah Haidhir dan Murajaah Dr. Muh. Mu`inudinillah Bashri dan Maerwandi Tarmizi)
 

1 comment:

  1. hello...visit here my friend happy weekend and Visit me again, to real support

    ReplyDelete

DMCA Protection