Tuesday, August 30, 2011

Happy Idul Fitri, 1 Syawal 1432 H

Thursday, 30th August 2011 I as a moslem gain a great great victory after pretend my thirsty and my hunger for a month. (ah susah kali pun pake bahasa Inggris, sekali-kali pake Bahasa aja lah, izin yo Om Google)

Haduh, hari ne ane di Sibolga merayakan yang namanya lebaran, berangkat tanggal 29 Agustus kemarin pas selesai subuh, dan berharap yang namanya idul fitri 1 syawal 1432 H itu jatuh pada keesokan harinya.....

Tapi........
Setelah mengalami perjalanan selama 10 jam (kurang lebih) dan telah menempuh jarak sejauh 300 Km mungkin ditambah dengan rintangan yang mampu membuat jantung anda berdetak kencang, ternyata harapan yang ditunggu-tunggu untuk menikmati lebaran di kota sibolga tidak seperti yang diinginkan. Dasar, 1 syawal 1432 H ditetapkan pada lusa harinya yang bertepatan pada 31 Agustus 1432 H.

Indonesia, selalu bermasalah dengan yang namanya penetapan 1 syawal... dan banyak yang membuat hal ini menjadi suatu perbedaan yang signifikan..
salah satu ane baca di situs favorit indonesia, yakni kaskus.us ada komen yang mengatakan bahwa perbedaan waktu masing-masing negara di dunia sampai yang paling jauh itu tidak lebih dari 24 jam, namun perbedaan lebaran malahan lebih dari 24 jam, hal itu tentu membuat kita gerah, karena memang perbedaan waktu yang nyata/ real itu tidak pernah lebih dari 24 jam sehingga apabila di belahan bumi yang lain sudah melihat hilal maka kita juga sudah masuk yang namanya bulan baru karena ingat bulan mengitari bumi.

Akhirnya ane liat situs di moongiant.com, dan ternyata pada tanggal 29 Agustus pukul 5 sore kemarin bulan sudah memasuki bulan baru???? waduh, bener juga ya dan ternyata di daerah cakung, Jakarta Timur telah terlihat hilal diatas 3,5 derajat???

Dilema bagi saya...
Secara determinasi science, hilal sudah nampak dan itu sudah hukum alam bahwa yang namanya perubahan fase bulan merupakan waktu yang periodik dan tersusun secara sistematis.... dan memang menurut informasi yang benar, ramadhan berusia 29,5 hari..

Mana yang benar????

namun, saya akui, saya berlebaran pada hari selasa 30 Agustus 2011... apabila ada yang berhari raya pada tanggal 31 Agustus 2011 itu pun tidak masalah bagi saya, sebagai umat islam tentu yang namanya perbedaan jangan di jadikan sebagai sebuah permusuhan, karena Kebenaran Mutlak dari Allah SWT....

Last but not least
Finally, Allahumma firlil muslimina wal muslimat fil ahya min hum wal Amwat
Allahuakbar Allahuakbar Wallillahihilhamd

Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Minal Aidzin wal Faizin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriyah



DMCA Protection