Friday, August 10, 2012

Tutorial dasar pembuatan Objek 2 Dimensi By Achmad Muhajir

Sedikit berbicara mengenai postingan saya kali ini, saya akan men-share kepada anda semua mengenai teknik-teknik dalam penggunaan Autocad. Pada umumnya, software autocad ini digunakan oleh para ahli maupun mahasiswa yang memiliki latar belakang di bidang engineering. Hal tersebut dibutuhkan untuk mendesain sebuah bentuk baik itu alat/ device, rumah dengan arsitektur dan berbagai macam lainnya.

Kebetulan, saya kenal dengan teman saya yang bernama Achmad Muhajir ini dari satu kampus. Beliau kali ini akan memberikan tutorial mengenai Bagaimana Membuat Objek 2 Dimensi di Software Autocad 2012. Berikut Preview sederhana yang diberikan oleh Saudara ajir mengenai Pembuatan Objek 2 Dimensi:

Beberapa kasus pembuatan objek dalam AUTOCAD ada baiknya sebelum membuat objek secara 3D, kita membuat pratinjau secara 2D dari objek baik dari sisi depan, samping maupun atas.
Sebagai contoh sederhana untuk pembuatan gelas. Pratinjaunnya sebagai berikut :


dalam hal ini saya menggunakan AUTOCAD2011. Cara ini bisa juga digunakan pada AutoCAD 2010 dan 2012. Cara yang digunakan sangat sederhana namun membutuhkan kesabaran dalam mempelajari dan memahaminya.

-          Pastikan berada pada workspace 2D atau “2D drafting and annotation”.
 Buat persegi panjang dengan ukuran 6 x 7.5 (ukuran dapat berbeda sesuai dengan imajinasi teman-teman).  Agar lebih presisif, dapat mengaktifkan “snap mode”.



Pilih rectangular pada tab ribbon draw, atau bisa dengan mengetik RECTANG dan enter.


Masih Penasaran?
Silahkan saja download keseluruhan tutorial filenya (dalam bentuk pdf) di bagian download di bawah ini. Anda akan langsung diarahkan ke halaman 4shared.com dan tidak ada url yang rusak. Semoga bermanfaat bagi anda yang memerlukan tutorial ini.



3 comments:

  1. kebetulan saya nubie
    terima kasih atas tutorialnya..

    ReplyDelete
  2. a Sunday night visit..may we have a great week ahead!

    ReplyDelete
  3. makassih tutornya

    ReplyDelete

DMCA Protection